Postingan Populer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan.

Unsur pembentuk Power

Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Anggota Badan Bagian Atas dan otot bawah

Latihan Kebugaran Jasmani (Kekuatan, Kecepatan,Kelenturan dan Daya Tahan )

Komponen-Komponen Latihan Kecepatan

Prinsip dan Pengelompokan Usia masa Latihan dalam Olahraga

Faktor Pendukung Prestasi Olahraga.

Latihan Menggunakan Circuit Training

Manfaat Berendam Air Dingin

Metode Latihan Fisik

Bahaya Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan


Anda terlalu sibuk di pagi hari sehingga sering melewatkan sarapan? Tahukah anda bahwa sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap hari? Apa yang terjadi jika kita melewatkan sarapan? Apakah benar melewatkan sarapan dapat membuat kita lemah? Apakah ada hubungannya antara sarapan dengan kecerdasan kita? Bagaimana memilih menu sarapan yang baik?
Jika anda terlalu sering melewatkan sarapan maka akan berdampak pada kondisi tubuh. Sarapan penting untuk menunjang aktivitas. Kita membutuhkan energi untuk melakukan berbagai rutinitas setiap hari. Energi didapat dari apa yang kita konsumsi. Makan pagi merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan energi yang diperlukan oleh tubuh. Selain memenuhi kebutuhan akan energi, beberapa manfaat lain dari sarapan yaitu sebagai berikut:
  • Menjaga berat badan dan membantu keberhasilan diet. Makan pagi akan mencegah anda dari konsumsi makanan pada jam makan siang secara berlebihan.
  • Mencegah kenaikan asam lambung dan maag. Sarapan dapat mengembalikan metabolisme tubuh ke dalam keadaan normal setelah saat tidur tubuh tidak mengonsumsi makanan sama sekali.
  • Meningkatkan konsentrasi. Mengonsumsi makanan di pagi hari tidak hanya bermanfaat untuk tubuh tetapi juga otak. Penelitian telah membuktikan bahwa sarapan dapat membantu orang untuk lebih berkonsentrasi.
  • Mengurangi risiko terserang berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes (terutama pada perempuan), tekanan darah tinggi dan kolesterol. Sarapan akan membantu kita terhindar dari berbagai penyakit yang tidak diinginkan.
Alergi Makanan dan Intoleransi Makanan 
Kegunaan olahraga untuk Pertumbuhan Anak ( Pelajar/Siswa )  
Rangkaian Gerak Pemanasan Sebelum Berolah raga 


Jika anda termasuk orang yang sering melewatkan sarapan, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Ternyata, melewatkan sarapan itu merugikan. Berikut adalah beberapa bahaya melewatkan sarapan yang sering tidak kita sadari:
  1. Menyebabkan gangguan jantung
Mengutip dari duniafitnes.com bahwa baru-baru ini sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa orang yang melewatkan makan pagi berpotensi besar mengalami gangguan jantung. Pola makan yang tidak teratur memang dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ.

  1. Obesitas
Ketika anda melewatkan makan pagi maka anda cenderung untuk lebih tidak dapat mengendalikan porsi makan siang. Hal ini jika dilakukan terus-menerus yang akan menjadi penyebab kegemukan.

  1. Diabetes
Risiko diabetes pada perempuan akan meningkat ketika sarapan tidak dilakukan secara rutin. Menurut situs livescience.com, perempuan yang  hanya sarapan pada skala 0 sampai 6 kali dalam satu minggu memiliki risiko menderita diabetes yang lebih tinggi daripada perempuan yang mengonsumsi sarapan setiap hari.

  1. Menstruasi tidak teratur
Sebuah studi dari jurnal Appetite menjelaskan bahwa pada mahasiswi yang secara terus menerus melewatkan makan pagi memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur daripada mereka yang rutin melakukan sarapan. Selain itu beberapa gangguan menstruasi seperti rasa sakit yang berlebihan serta darah yang keluar tidak lancar.

  1. Menurunkan kemampuan kognitif
Karena otak kekurangan nutrisi, maka akan mengganggu konsentrasi sehingga proses penyerapan pengetahuan tidak berjalan dengan maksimal. Sebuah studi dari A Centers for Disease Control menyatakan bahwa anak-anak usia sekolah yang tidak sarapan memiliki kemampuan akademik yang lebih rendah daripada anak-anak yang rutin mengonsumsi sarapan. Bahkan di beberapa negara, sekolah telah menyediakan sarapan bagi peserta didiknya sehingga diharapkan anak-anak yang tidak mendapatkan sarapan dari rumah karena berbagai alasan, tetap dapat mengonsumsi sarapan secara rutin. Tidak sarapan juga menyebabkan daya ingat menurun.

  1. Mood yang jelek
Melewatkan sarapan ternyata juga dapat menyebabkan suasana hati yang tidak baik. Hal ini akan mempengaruhi anda dalam melakukan rutinitas. Dengan suasana hati yang tidak baik, maka hasil kinerja anda juga tidak maksimal. Jangan sampai hanya karena melewatkan makan pagi, aktivitas anda menjadi terganggu dan tidak sesuai harapan yang justru menambah stres.
  1. Gangguan Fisik
Menurut National Institutes of Health, melewatkan sarapan membuat anda berisiko menderita hypoglycemia atau gula darah yang rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala fisik seperti pusing, lemas, sakit kepala dan detak jantung yang meningkat. Tubuh kita harus melakukan berbagai aktivitas seharian, maka perlu tercipta kondisi yang prima untuk melalui hari dengan baik.


Penyebab Darah Kental dalam Tubuh 
Olahraga sebagai kebutuhan hidup 
Strategi Mendapatkan Tubuh Ideal  
Perubahan tubuh akibat olahraga