Postingan Populer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan.

Unsur pembentuk Power

Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Anggota Badan Bagian Atas dan otot bawah

Latihan Kebugaran Jasmani (Kekuatan, Kecepatan,Kelenturan dan Daya Tahan )

Komponen-Komponen Latihan Kecepatan

Prinsip dan Pengelompokan Usia masa Latihan dalam Olahraga

Faktor Pendukung Prestasi Olahraga.

Latihan Menggunakan Circuit Training

Manfaat Berendam Air Dingin

Metode Latihan Fisik

Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk menjaga kesehatan tubuh salah satu upaya yang kita bisa lakukan adalah dengan rutin melakukan olahraga. Berbagai macam jenis olahraga sangat baik untuk kebugaran tubuh sebagaimana dengan olahraga renang ini. Olahraga renang adalah salah satu dari olahraga air yang sangat menyenangkan, bahkan akhir-akhir ini renang menjadi tujuan rekreasi yang menyehatkan oleh kebanyakan keluarga. Hal ini dapat kita perhatikan betapa ramainya kolam renang umum ketika hari libur sekolah apalagi pas ketika musim liburan. Hampir semua kolam renang dipenuhi oleh mereka baik anak-anak, remaja dan juga para orang tua. Renang bersama keluarga di  kolam renang umum sudah menjadi bagian dari agenda liburan anak-anak. Selain menyenangkan olahraga yang satu ini sangat penting untuk menjaga diri dari bahayanya air.
Bisa berenang adalah hal yang begitu penting dan sangat disarankan bagi setiap orang karena untuk menghidari hal-hal yang kurang diinginkan jika terjadi kontak langsung dengan air yang dalam. Khususnya buat para orang tua harus mengajari renang kepada semua anak-anaknya, agar mereka bisa berenang. Karena jika anak-anak kita bisa berenang akan dapat sedikit mengurangi rasa kekhawatiran ketika mereka bermain di luar rumah khususnya saat mereka bermain air di suatu tempat. Disamping itu olahraga renang juga sangat baik untuk mereka yang dalam usia pertumbuhan yaitu untuk memperbaiki postur tubuh mereka agar lebih tinggi
Olahraga renang sangat baik dilakukan oleh orang dengan segala usia mulai dari balita hingga orang dewasa asalkan bukan orang yang sudah lanjut usia lho. Bahkan olahraga ini sangat dianjurkan untuk ibu hamil dan balita. Sehingga saat ini dapat kita temui jenis olahraga renang untuk ibu hamil dan untuk bayi. Manfaat utama olahraga renang untuk bayi adalah untuk melatih syaraf bayi khususnya syaraf motorik, sedangkan untuk syaraf sensorik adalah untuk lebih memperkenalkan bayi dengan air, sehingga saat dimandiin bayi tidak mudah nangis malah sebaliknya bayi merasa senang. Selain itu juga dapat membantu proses pertumbuhan bayi, sebab ketika di dalam air bayi dapat terpacu untuk lebih bergerak. Sedangkan untuk ibu hamil olahraga renang dapat membuat mod senang, tidak mudah stress dan agar persalinan kelak dapat berjalan dengan lancar.
Olahraga renang sendiri tidak kalah dengan jenis olahraga yang lain, buktinya olahraga renang masuk dalam ajang kompetisi internasional. Jadi dengan bisa berenang bermafaat untuk menjaga diri, menyehatkan tubuh, mempertinggi badan, melangsingkan tubuh dapat hadiah lagi tapi jika menang hehe.. Olahraga renang memiliki beberapa gaya yang sering dilombakan. Dalam kompetisi renang terdapat banyak gaya yang diperlombakan, diantara gaya renang yang selama ini kita kenal adalah:
Jenis-jenis Gaya Renang
  1. Renang gaya bebas
    Renang gaya bebas ini adalah posisi badan menghadap ke bawah kemudian kedua tangan mengayuh air secara bergantian.
  2. Renang gaya katak atau gaya dada
    Renang gaya dada ini sering juga diperlombakan, gaya renang ini posisi tubuh menghadap ke air posisi kepala muncul ke permukaan air dan tenggelam. Sedangkan kedua kaki menendang ke bekang seperti katak berenang dan kedua tangan lurus ke depan lalu membelah air dan mengayunnya ke belakang.
  3. Renang gaya punggung
    Salah satu gaya renang yang cukup populer bagi kalangan atlit renang adalah gaya renang punggung dimana ketika berenang tubuh terlentang menghadap ke atas, posisis kepada diatas permukaan air. Kemudian kedua tangan mengayun air secara bergantian.
  4. Renang Gaya kupu-kupu
    Gaya renang kupu-kupu atau gaya lumba-lumba adalah renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air  dan kedua tangan mengayun air dengan menekannya ke bawah dan mendorong kebelakan
Ke empat jenis renang itulah yang sering dikenal dan sering diperlombakan. Olahraga renang juga sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh.
Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan
Mempertinggi postur tubuh
Olahraga renang sangat baik untuk usia pertumbuhan, sebab dengan sering renang dapat mempercepat pertumbuhan yaitu mempertinggi tubuh. Nah jika anda mempunyai anak di usia segitu bimbinglah untuk renang agar pertumbuhannya bisa ke atas bukan ke samping.
Melatih dan memperkuat pernafasan
Olahraga renang membuat kita selalu menahan nafas karena berada dalam air, jika dilakukan secara rutin maka nafas kita bisa lebih panjang dan kuat ketika berenang dan menahan nafas.
Menguatkan otot dan tulang
Jika anda ingin otot dan tulang anda kuat maka berenanglah secara rutin, berenang menuntut gerak tangan dan tulang agar timbul keseimbangan ketika berenang. Gerakan tangan dan kaki juga memicu kecepatan berenang. Semakin kuat tangan dan kaki mengayun air maka gerak renang juga semakin kuat. Tanpa disadari gerakan tersebut dapat menguatkan otot dan tulang.
Membetuk tubuh lebih ideal
Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap orang, dengan berenang tekun akan membuat tubuh anda ideal. Menurut saya renang adalah olahraga yang paling ideal dimana membutuhkan gerak semua anggota badan.
Membuat tubuh lebih bugar
Sering melakuakan olahraga akan menjadikan tubuh kita lebih bugar, sehat dan lebih bersemangat. Dengan renang anda melakukan olahraga yang tepat untuk membugarkan tubuh anda.
Membuat jantung sehat
Dengan berenang secara otomatis akan melatih kekuatan sistem pernafasan, sehingga dapat membuat jantung semakin sehat alami.
Membuat mod lebih senang
Ternyata aktivitas dalam air seperti renang ini dapat meningkatkan hormon yang dapat membuat suasana hati dan pikiran lebih tenang dan senang.
Terhidar dari sakit sendi
Olahraga renang menuntut gerak seluruh anggota tubuh sehingga semua sendi tubuh juga ikut bergerak. Tubuh jika sering digerakkan akan mengurangi resiko sakit sendi.
Mengurangi berat badan
Berat badan yang lebih akan membuat tubuh terasa kurang nyaman dan terasa lebih berat, salah satu tips untuk mengurangi berat badan adalah dengan rutin melakukan renang. Lihat saja atlit renang mana ada tubuhnya yang gendut, hampir semua slim dan ideal.
Renang adalah olahraga yang paling ideal maka lakukanlah dengan rutin agar anda mendapatkan manfaat renang.