Postingan Populer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan.

Unsur pembentuk Power

Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Anggota Badan Bagian Atas dan otot bawah

Latihan Kebugaran Jasmani (Kekuatan, Kecepatan,Kelenturan dan Daya Tahan )

Komponen-Komponen Latihan Kecepatan

Prinsip dan Pengelompokan Usia masa Latihan dalam Olahraga

Faktor Pendukung Prestasi Olahraga.

Latihan Menggunakan Circuit Training

Manfaat Berendam Air Dingin

Metode Latihan Fisik

Nikotin Jadi Penyebab Gangguan Pendengaran pada Anak


 Merokok saat hamil dapat menyebabkan bayi mengalami keguguran, lahir prematur, hingga berat badan rendah. Studi terbaru dari Jerman menemukan satu lagi efek negatif dari merokok saat hamil.

Ursula Koch, peneliti dari Freie Universitat Berlin melakukan penelitian untuk melihat seberapa fatal dampak nikotin bagi perkembangan otak janin dan bayi. Ditemukan bahwa bahaya nikotin tidak hanya dapat menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan rendah dan berisiko mengalami kematian bayi mendadak (Sudden Infant Death) tapi juga gangguan pendengaran.

Penelitian dilakukan dengan memberikan mencit hamil air minum yang sudah dicampur nikotin. Kadar nikotin disesuaikan dengan jumlah yang biasa terdeteksi pada perokok manusia.
Setelah janin lahir, peneliti menganalisa kemampuan mendengar lewat tes pendengaran. Hasil tes pendengaran lalu disambungkan dengan analisa neuron pendengaran yang berhubungan dengan koklea atau rumah siput di dalam telinga.


Hasil penelitian menyebut neuron yang berhubungan dengan koklea mengalami penurunan fungsi ketika bayi terpapar nikotin. Karena sinyal dari saraf pendengaran tak terkirim dengan baik, bayi pun mengalami gangguan pendengaran.

"Hal inilah yang membuat anak dari ibu yang merokok sulit berprestasi di sekolah. Jika Anda merokok dan anak mengalami kesulitan di sekolah, coba lakukan tes pendengaran untuk memastikannya," tutur Koch, dikutip dari EurekAlert!.

Sebelumnya, peneliti dari Amerika Serikat menyebut paparan asap rokok berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Otak anak yang terpapar asap rokok mengalami kerusakan pada bagian yang berfungsi mengendalikan kemampuan belajar dan daya ingat, serta pengatur mood.

Peneliti meyakini bahwa kerusakan terjadi karena komponen asap rokok yang masih berada di dalam tubuh. Komponen ini memang bisa bertahan dalam tubuh selama beberapa waktu setelah terpapar pertama kali.

Akibatnya ketika kemudian si indukan hamil, maka lingkungan tubuhnya sudah tercemar dan hal ini berdampak pada janin yang dikandungnya.