Postingan Populer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan.

Unsur pembentuk Power

Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Anggota Badan Bagian Atas dan otot bawah

Latihan Kebugaran Jasmani (Kekuatan, Kecepatan,Kelenturan dan Daya Tahan )

Komponen-Komponen Latihan Kecepatan

Prinsip dan Pengelompokan Usia masa Latihan dalam Olahraga

Faktor Pendukung Prestasi Olahraga.

Latihan Menggunakan Circuit Training

Manfaat Berendam Air Dingin

Metode Latihan Fisik

Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin B3



   Vitamin B3 memiliki manfaat dalam meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida. Namun penggunaan yang berlebihan dapat berakibat pada kegagalan hati yang hanya dapat diatasi dengan transplantasi.

Setiap hari kita membutuhkan vitamin B3 sebanyak 5-15 mg, dengan batas maksimal sebesar 35 mg per hari. Kekurangan vitamin B3 akan menyebabkan pelagra dengan gejala umum diare, demensia, dan dermatitis. Berikut ini beberapa makanan yang mengandung vitamin B3.





Makanan Yang Kaya Vitamin B3

1. Jamur
Jamur memiliki banyak jenis---sebagian bisa dimakan, sebagian lagi ada yang beracun. Jamur yang bisa dimakan diantaranya jamur portabella, jamur putih, dan jamur shitake. Dalam setiap 100 gram sajian jamur mengandung 3,6 mg vitamin B3.

Jamur portabella mengandung 23 persen kebutuhan vitamin B3 harian, jamur putih mengandung 20 persen kebutuhan vitamin B3 harian, jamur shitake mengandung 7 persen kebutuhan vitamin B3 harian, sementara jamur oyster mengandung 25 persen kebutuhan vitamin B3 harian.

2. Tuna
Selain terkenal dengan sumber lemak omega-3, ikan tuna juga mengandung vitamin B3. Dalam setiap 3 ons ikan tuna terkandung vitamin B3 sebanyak 18,7 mcg. Kandungan itu setelah ikan tuna dibakar atau dipanggang.

Jumlah kandungan itu lebih dari cukup untuk kebutuhan harian orang dewasa terhadap vitamin B3, yaitu 14-16 mcg. Ikan tuna juga banyak dikonsumsi dalam bentuk kalengan. Dalam 3 ons tuna kalengan terkandung 11,3 mcg vitamin B3.

3. Salmon
Sama seperti ikan tuna, salmon juga mengandung vitamin B3. Dalam setiap 4 ons ikan salmon terdapat vitamin B3 sebesar 7,56 mcg. Sementara dalam setiap 3 ons terdapat vitamin B3 sebanyak 6 mcg. Sama seperti tuna juga, saat ini ikan salmon bisa diperoleh dalam bentuk kalengan, yang banyak tersedia di supermarket atau swalayan.

4. Dada Ayam
Dada ayam tanpa kulit yang dibakar mengandung vitamin B3 sebanyak 33 mcg, dalam setiap 150 gramnya. Jumlah itu sangat banyak untuk memenuhi kebutuhan harian kita terhadap vitamin B3.

5. Asparagus
Dalam 1 cangkir asparagus terkandung vitamin B3 sebanyak 1,31 mcg. Mengkonsumsi dalam jumlah yang lebih banyak tentu mengandung vitamin B3 yang lebih banyak pula. Asparagus telah dikonsumsi sejak ribuan tahun lalu dari zaman Romawi sampai sekarang.

6. Daging Rusa
Dalam setiap 4 ons daging rusa terdapat vitamin B3 sebanyak 8,43 mcg. Vitamin B3 yang terdapat dalam daging rusa dipercaya dapat meningkatkan sistem tubuh kekebalan tubuh.

7. Hati Domba
Dalam setiap 100 gram hati domba terdapat kandungan vitamin B3 sebanyak 16,7 mg----jumlah yang tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin B3 pada orang dewasa.

8. Daging Sapi
Dalam setiap 4 ons daging sapi terdapat vitamin B3 sebanyak 9,25 mcg.

9. Telur
Kuning telur mengandung vitamin B3 sebanyak 0,004 mcg sedangkan putih telur mengandung vitamin B3 sebanyak 0,035 mcg. Kita bisa mengkonsumsi telur---kuning dan putih telurnya untuk mendapat asupan vitamin B3. Jika kita menikmati telur yang digoreng, sebaiknya jangan terlalu lama menggorengnya, agar kandungan vitamin B3 di dalamnya tidak hilang.