Postingan Populer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan.

Unsur pembentuk Power

Latihan Kebugaran Jasmani (Kekuatan, Kecepatan,Kelenturan dan Daya Tahan )

Faktor Pendukung Prestasi Olahraga.

Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Anggota Badan Bagian Atas dan otot bawah

Prinsip dan Pengelompokan Usia masa Latihan dalam Olahraga

Komponen-Komponen Latihan Kecepatan

Latihan Menggunakan Circuit Training

Macam-macam Komponen Kondisi Fisik

Manfaat Berendam Air Dingin

Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Manusia

Manfaat olahraga selama ini sudah diketahui oleh masyarakat umum, namun hanya sedikit sekali manfaat yang diketahui oleh masyarakat sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk tidak melakukan olahraga. Masyarakat yang gemar olahraga adalah masyarakat yang sudah tahu pentingnya olehraga di dalam kehidupan, sayangnya masyarakat yang sibuk bekerja sering mengabaikan pentingnya olahraga. Setiap hari, kita dianjurkan untuk bisa melakukan olahraga ringan sekitar 30 menit. Kesadaran masyarakat untuk melakukan olahraga masih sangat minim sehingga hanya sedikit saja masyarakat yang gemar melakukan olahraga.


Orang yang tidak pernah melakukan olahraga akan sangat rentan untuk terkena penyakit, selain itu kekebalan tubuh orang yang sering melakukan olahraga akan terbentuk dengan sempurna sehingga bisa melindungi dirinya dari berbagai penyakit. Yang harus dilakukan saat ini adalah masyarakat mulai sadar pentingnya melakukan olahraga dan mulai melakukan olahraga saat ini juga.
Masyarakat hanya mengetahui satu atau dua manfaat saja dari melakukan olahraga. Masyarakat juga sering mengait-ngaitkan olahraga dengan diet atau menurunkan berat badan, sehingga orang yang memiliki berat badan ideal sangsi jika harus melakukan olahraga. Padahal manfaat olahraga tidak hanya sebatas itu saja. Olahraga sangat penting buat kesehaatan asalkan cara melakukannya tepat dan tidak salah. Jika salah dalam melakukan teknik olahraga akibatnya adalah tubuh akan terasa pegal dan tidak akan mendapatkan manfaat dari olahraga. Diperlukan tekat yang kuat agar bisa melakukan olahraga secara berkesinambungan. Berikut ini berbagai macam manfaat olahraga yang harus diketahui oleh masyarakat agar meningkatkan kesadaran untuk melakukan olahraga 


# Membuat suasana hati senang 

Salah satu manfaat olahraga yang harus diketahui adalah olahraga yang dilakukan bisa  membuat suasana hati seseorang menjadi senang, alasannya adalah dengan olahraga segala macam beban pikiran yang membebani pikiran anda hilang. Anda akan disibukkan dengan kegiatan olahraga anda sehingga beban pikiran itu hilang dan membuat suasana hati anda menjadi senang.

 

 Cara Mengatasi Kegemukan 

Gerak Pemanasan Sebelum Berolah raga 

 Mengatasi Back Pain akibat Kejang & Ketegangan Otot

 

# Menyehatkan jantung

Olahraga yang dilakukan bisa membuat jantung anda sehat, catatannya adalah ketika anda melakukan olahraga yang berat-berat anda harus memastikan bahwa kondisi jantung anda sehat. Jangan sampai ketika anda terlalu bersemangat dalam melakukan olahraga, anda pingsan dan kemudian dibawa ke rumah sakit. Kasus ini banyak terjadi pada artis dan juga masyarakat umum. Mereka tidak sadar bahwa kondisi jantungnya sakit sehingga saat digunakan untuk berolahraga jantung merasa tidak siap dan kemudian terjadilah serangan jantung yang membahayakan keselamatan. Jika jantung anda normal, olahraga berat maupun ringan akan menyehatkan jantung karena aliran darah ke jantung menjadi lancar

 

# Meningkatkan metabolisme tubuh 

Olahraga bisa digunakan untuk metabolisme tubuh meningkat. Metabolisme sangat penting di dalam tubuh. Jika metabolisme tubuh terganggu, orang tersebut akan mudah terkena berbagai macam penyakit kognitif berupa penurunan sistem otak dan kepikunan.

 

# Merampingkan tubuh 

 
Bonus untuk orang yang suka melakukan olahraga adalah akan mendapatkan tubuh yang ramping. Tubuh yang ramping bisa didapatkan dengan menjalani olahraga seperti jogging dan juga treat mil. Olahraga tersebut juga bisa digunakan untuk membentuk tubuh, hal itu dikarenakan saat jogging dan melakukan treat mil lemak yang ada di daerah panggul akan terbakar sehingga tubuh yang ramping dan panggul ramping pun bisa didapatkan

 

# Menormalkan tekanan darah

  Jika anda menderita tekanan darah tinggi, anda bisa menormalkan tekanan darah hanya dengan melakukan olahraga secara teratur. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh sehingga aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar. Jika anda berolahraga, pembuluh darah akan menjadi lebar sehingga aliran darah menjadi lancar. Pembuluh darah akan tehindar dari asteoklorosis jika anda melakukan olahraga secara teratur. Asteoklorosis itu adalah salah satu penyebab seseorang menderita stroke.

 

#  Membakar kalori

 Terlalu banyak kalori di dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan di dalam tubuh. Oleh sebab itulah kelebihan kalori di dalam tubuh harus dibakar dan dihilangkan. Cara menghilangkannya adalah dengan berolahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari bisa membakar kalori secara maksimal.

 

Menormalkan kadar kolesterol

  Kolesterol jahat di dalam tubuh dan melebihi batas normal sangat berbahaya bagi tubuh, sebab kolesterol jahat itu bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang paling berbahaya dan diakibatkan oleh kolesterol adalah stroke dan penyakit jantung. Kolesterol di dalam tubuh bisa membuat penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah ke jantung dan ke otak menjadi tidak lancar. Kadar kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh bisa dinormalkan dengan cara berolahraga.

 

#  Menjaga kualitas Insulin dalam tubuh

 Diabetes bisa disebabkan oleh rendahnya kadar insulin di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, insulin yang tidak berkualitas juga bisa menyebabkan penyakit diabetes menjadi muncul. Oleh sebab itulah tubuh selalu membutuhkan insulin yang berkualitas untuk menjaga kestabilan gula darah di dalam tubuh. Salah satu cara untuk memperbaiki kualitas insulin di dalam tubuh adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga secara teratur bisa memperbaiki kualitas insulin di dalam tubuh dan menghindarkan dari penyakit diabetes.

 

# Membuat panjang umur

  Karena kesehatan terjaga dengan olahraga, orang yang suka berolahraga akan memiliki umur yang panjang karena kegemarannya dalam berolahraga.

 

# Membakar lemak

  Lemak bisa menyebabkan obesitas, lemak pula yang membuat gula di dalam tubuh tidak bisa terserap dengan sempurna. Untuk mengurangi lemak yang menempel di pembuluh darah bisa dengan cara berolahraga. Berolahraga secara teratur bisa membuat lemak di dalam tubuh terbakar sedikit demi sedikit dan menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit

 

# Meringankan Kerja Jantung

  Olahraga teratur bisa membuat kinerja jantung menjadi ringan karena dengan olahraga bisa membantu jantung dalam mengalirkan darah atau memompa darah ke seluruh tubuh.

 

Melancarkan Aliran Darah

  Olahraga bisa membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Alasannya adalah dengan olahraga, otot menjadi lentur terutama otot yang ada di pembuluh darah. Otot yang lentur bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah bisa dialirkan secara lancar ke seluruh tubuh.

 

# Memperlancar aliran darah

 
Olahraga bisa membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi lancar. Alasannya adalah dengan olahraga, otot menjadi lentur terutama otot yang ada di pembuluh darah. Otot yang lentur bisa membuat pembuluh darah menjadi lebar sehingga aliran darah bisa dialirkan secara lancar ke seluruh tubuh.

 

Meningkatkan Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

  Bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga seperti berenang dan berbagai macam olahraga lainnya bisa meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi. Apalagi jika pertumbuhan tersebut ditunjang dengan berbagai macam makanan yang bergizi serta susu berkalsium tinggi. Anak remaja tersebut bisa memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Tidak heran jika anak remaja yang suka berolahraga akan mendapatkan gigi yang sehat dan juga tubuh yang tinggi karena pertumbuhan tulangnya maksimal. Tidak seperti remaja yang malas berolahraga, tulang tidak bisa tumbuh secara maksimal sehingga tubuh akan semakin kesamping sedangkan tulang tidak semakin tumbuh ke atas

 

# Membuat Tidur Berkualitas

  Jika anda sering terjaga di setiap malam atau terjaga di sela-sela tidur malam anda, bisa jadi anda sedang mengalami tidur yang tidak berkualitas. Tidur yang tidak berkualitas bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan misalnya saja tekanan darah tinggi dan juga jantung. Orang yang mengalami tidur tidak berkualitas bisa dicari penyebabnya. Salah satu penyebab orang mengalami tidur yang tidak berkualitas adalah stress yang berlebihan dan ketidakseimbangan hormon. Dengan berolahraga, stress bisa teratasi dan bisa menyeimbangkan tubuh terutama hormon-hormon yang ada di dalam tubuh manusia. Jika stress bisa teratasi dan keseimbanagan hormon terjaga maka tidur yang berkualitas pun bisa didapatkan. Memiliki tidur yang berkualitas sama saja anda sedang mendapatkan kesehatan anda.

 

Olahraga untuk Pertumbuhan Anak 

Efek Kurang Olahraga Bagi Tubuh dan Kesehatan Manusia  

Rajin Olahraga Bisa Turunkan Risiko Kanker