Postingan Populer

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan.

Unsur pembentuk Power

Latihan Kekuatan dan Daya Tahan Anggota Badan Bagian Atas dan otot bawah

Latihan Kebugaran Jasmani (Kekuatan, Kecepatan,Kelenturan dan Daya Tahan )

Prinsip dan Pengelompokan Usia masa Latihan dalam Olahraga

Komponen-Komponen Latihan Kecepatan

Faktor Pendukung Prestasi Olahraga.

Latihan Menggunakan Circuit Training

Manfaat Berendam Air Dingin

Metode Latihan Fisik

Cara Melakukan Olahraga yang Baik dan Benar bagi Tubuh


Olahraga  yaitu merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk memelihara kesehatan. Olahraga
cenderung ke kegiatan yang bersifat jasmani. Selain itu olahraga juga bertujuan untuk melatih otot-otot pada tubuh manusia. Manfaat olahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, baik itu penyakit ringan hingga penyakit berat. Dan tentunya juga disertai dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat.

Apalagi bagi wanita yang ingin menurunkan berat badan, pastinya melakukan olahraga mati-matian agar tubuh mereka terlihat ideal. Namun melakukan olahraga menurunkan berat badan bukanlah hal yang salah, akan tetapi harus dengan cara yang sesuai agar tidak membahayakan tubuh. Namun jangan lupa juka untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga, bahaya olahraga tanpa pemanasan akan berdampak buruk bagi tubuh.


Manusia Era Gadget Harus Banyak Melakukan Olahraga

Olahraga sangat penting untuk dilakukan, apalagi untuk masyarakat di era saat ini, masyarakat yang bertumpu pada teknologi. Masyarakat yang banyak menghabiskan waktunya di depan gadget, smartphone, tablet, leptop, komputer. Masyarakat yang kebanyakan waktunya habis untuk duduk atau tidak bergerak menyimak perangkat teknologi, dan jarang melakukan aktifitas fisik ataupun kegiatan yang menggerakkan tubuh.
Maka dari itu olahraga sangat dibutuhkan untuk dilakukan disela waktu yang ada. Tidak perlu terlalu lama, setiap harinya sekitar 30 menit hingga satu jam, seseorang harus meluangkan waktu untuk berolahraga disaat ini. Karena untuk diketahui bahwa tubuh manusia dirancang untuk melakukan pergerakan.
Terlebih yang bekerja diperkantoran dari pagi hingga malam bahkan terkadang lembur. Perlu diperhatikan juga, bahaya sering lembur juga tidak baik untuk kesehatan, karena tubuh terlalu lelah terutama pada mata, karena pastinya jam istirahat akan terpotong dengan tambahan jam kerja.


Manusia Purba Berolahraga Secara Alami

Pada saat manusia dulu masih hidup dijaman purba tentu manusia dahulu melakukan pekerjaan yang ada pada saat itu yakni berburu dan meramu. Dalam hal berburu dan meramu manusia jaman tersebut banyak menggerakan badan dan tentu saja itu yang membuat manusia dahulu sudah berolahraga secara alami.
Namun seiring dengan perubahan zaman maka dari itu manusia saat ini harus menyempatkan diri untuk bergerak, untuk mengolah raganya agar tentunya aktifitas badan seimbang dengan aktivitas pikiran. Selain itu jika tidak digerakkan lama-lama tubuh akan kehilangan kemampuan alaminya.
Bisa melambatkan kerja-kerja tubuh pula, bahkan gangguan kesehatan ataupun juga yang dapat kita dapat lihat dengan mudah. Yakni orang yang jarang bergerak sedangkan banyak mengkonsumsi makanan akan mengalami masalah kegemukan ataupun penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh kurang lancarnya aliran darah dalam tubuh, karena terlalu banyak diam. Termasuk akibat duduk terlalu lama, bahaya duduk terlalu lama ini dapat menimbulkan badan kurang banyak gerak sehingga terjadi penumpukan lemak.
Berikut ini adalah cara melakukan olahraga dengan baik dan benar:


1. Pemanasan

Setiap akan berolahraga satu hal yang sangat penting untuk dilakukan yaitu tentu saja adalah pemanasn. Pemanasan ini bisa berupa gerakan-gerakan ringan atau peregangan-peregangan otot yang bisa dilakukan. Karena tanpa adanya pemanasan tubuh bisa menjadi terkejut ketika langsung berolahraga. Apalagi untuk olahraga yang berat, ini justru bisa berbahaya dan resiko terjadinya cedera bisa sangat tinggi.
Bahkan tubuh sehat yang dirasakan sebelumnya justru menjadi cedera atau sakit, jadi jangan melupakan sesi pemanasan. Bahaya olahraga tanpa pemanasan nantinya akan berdampak buruk seperti pegal-pegal, atau bahkan terkilir. Contoh olahraga yang membakar kalori seperti lari, sepakbola, basktet dan bulu tangkis.


2. Peralatan dan Perlengkapan

Untuk peralatan tentu saja anda harus memastikan peralatan yang akan digunakan misalnya memeriksa komponen-komponen jika anda mengguanakan alat berat atau angkat beban. Jangan sampai karena alat yang mendadak rusak ini mencederai anda. Kemudia gunakan peralatan yang sesuai misalnya sarung tangan khusus untuk agkat beban agar tidak licin dan tidak lepas. Atau pelindung kaki saat bermain sepakbola, atau pelindung gigi saat tinju, jadi cek peralatan dan gunakan perlengkapan yang sesuai.


3. Jangan Sakit

Meskipun olahraga dilakukan untuk kesehatan janga pernah melakukan olahraga ketika sedang sakit, karena ini bisa semakin membuat lemah, jadi ketika sakit maka yang terbaik dilakukan adalah melakukan penyembuhan dan juga istirahat setelah tubuh sudah fit dan sehat kembali maka bisa dilakukan olahraga.


4. Teratur

Apapun itu tentu akan baik untuk dilakukan secara teratur. Bukan dengan mengabungkan atau memforsirnya dalam satu waktu, maka sebaiknya lakukan oahraga secara teratur misalnya 15 menit, 30 menit, atau selama satu jam setiap hari, atau tiga kali dalam seminggu.



Prinsip latihan olahraga  
Bentuk Otot Binaraga dengan Weight Training 
Bahaya Melewatkan Sarapan bagi Kesehatan  
Cara Melakukan Olahraga yang Baik dan Benar bagi Tubuh